Rabu, 07 November 2012

Baggy Eyes VS Puffy Eyes


Beragam faktor  menjadi penyebab mengapa kantung mata terlihat sembab dengan lingkaran hitam dan berkerut. Asupan gizi dan vitamin diperlukan oleh mata agar kerutan serta lingkaran hitam tidak menghiasi mata Anda. Temukan sebabnya dan carikan solusinya:
Apa beda baggy eyes (kantung mata) dan puffy eyes (sembabnya kelopak mata)?
Baggy eyes terjadi akibat proses penuaan. Posisi tidur yang salah juga dapat memicu  terjadinya baggy eyes. Di mana  kondisi elastisitas kulit serta jaringan lunak di sekitar kelopak mata mulai nampak berkurang sehingga kulit menjadi kendur dan berkerut. Bagian kulit di seputar mata berkurang kepadatannya.
Cara menghilangkan :  melakukan bedah pelastik pada kelopak mata yang disebut blefaroplasti, untuk mengurangi volume jaringan lemak pada kelopak dan kantung mata.
Puffy eyes muncul -- selain -- karena faktor keturunan, juga akibat  reaksi alergi, menangis terlalu lama, kurang istirahat, tekanan stres fisik dan psikis, keadaan kondisi tubuh pasca operasi dan masa pemulihan, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan rokok, radang rongga sinus tulang rahang atas(sinusitis) dan akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Posisi tidur yang salah juga dapat memicu .
Cara mencegah : kompres mata dengan  kantung teh basah dan dingin atau dengan irisan tomat dan ketimun. Campurkan air hangat dan garam untuk menyusutkan caliber pembuluh darah halus di sekitar kelopak mata. Posisi bantal pada bagian kepala lebih tinggi dari jarak jantung Anda untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan di seputar kelopak mata yang menyebabkan mata terlihat sembab.
Box I
Buah dan Sayuran
1. Tomat berkandungan zat lycopene dan vitamin C dipercaya berfungsi untuk kesehatan mata serta mencegah kerutan dan bintik-bintik hitam pada kulit di sekitar mata yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Rutin mengonsumsi buah tomat  bisa dijadikan sebagai teraphy antioxidant yang bermanfaat untuk membuang racun pada jaringan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Meski tomat mentah mengandung banyak zat Lycopene tetapi bila dimasak maka kandungannya akan meningkat hingga 4 kali lipat dibanding tomat mentah.
2. Kentang yang kaya akan kandungan enzim catecholase, berfungsi untuk mengencangkan serta mencerahkan kulit. Kentang juga dapat Anda gunakan sebagai masker untuk mata dengan cara menghaluskan kentang mentah dengan blender, lalu borehkan residu kentang mentah pada seputar mata Anda. Diamkan selama 30 menit, lalu angkat dan bersihkan dengan handuk basah. Anda akan melihat kekenyalan di sekitar mata setelah melakukan aktivitas tersebut.
Boks II
Vitamin K
Vitamin A berkandungan  zat retinol bermanfaat untuk kesehatan mata. Juga  bermanfaat untuk mengatasi lingkar mata yang hitam serta mencegah kerutan di seputar kantung mata.
Para ahli  kecantikan memanfaatkan vitamin K yang dikenal sebagai phytonadione karena  bisa membantu mengontrol aliran darah pada jaringan pembuluh kapiler, sehingga  banyak digunakan sebagai campuran untuk produk krim mata. Cara penggunaan : oleskan krim mata di sekitar kantung mata, bisa memberikan solusi pada bagian lingkar mata yang menghitam agar nampak lebih cerah. Jika kantung mata Anda mulai terlihat kehitaman, sebaiknya gunakan krim mata setiap malam selama tiga bulan sebelum Anda tidur  untuk mencegah proses pengerutan dan memberi kekenyalan pada kulit di sekitar mata.
Box III
Kosmetik Berbahan Dasar Alami
Beli produk kosmetik krim mata berlabel ingredients atau kandungan yang tertera pada kemasan. Pilih produk kosmetik alami yang  yang mengandung bahan ekstrak alami seperti tumbuh-tumbuhan dan herbal yang mengandung bahan parabens yang terdapat pada alam. Ekstrak alami ini selain aman juga dapat memberi ketahanan dan menjaga elastisitas pada jaringan kulit sensitif yang terdapat di seputar mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar