Senin, 15 Oktober 2012

Dress Shoes Dan Jenis-Jenisnya

 Kali ini saya akan membahas tentang Dress Shoes. Biasanya yang populer di kalangan orang Indonesia adalah sepatu Pantofel. Sekarang saya mau kasih tahu satu rahasia…
Pantofel adalah jenis terburuk dress shoes buat seorang laki-laki, bahan kulit sintetis yang sangat kentara dan ujung sepatu yang kotak tidak meng-complimentsilhoutte baju Anda. Jadi sekarang upgrade lah sepatu formal Anda, tetapi pertama-tama kenali dulu jenis-jenis dress shoes ada apa saja.
Nah tadi disebutkan pantofel itu bermodel slip on, ada apa saja sih jenis-jenisdress shoes itu?
Dress shoes
Dress shoes adalah sepatu yang biasanya dipakai untuk acara smart casual (semi formal) sampai formal. Dress shoes pria biasanya berwarana coklat atau hitam, namun ada banyak warna lain seperti burgundy, oxblood, chestnut, cordovan dan putih. (Cordovan dan Oxblood cukup populer di Amerika Serikat). Sepatu ini biasanya terbuat dari bahan kulit.
Adapun bentuk-bentuk dasar dari dress shoes adalah:
A . Oxford (Balmoral)
Sepatu model ini menggunakan tali untuk mengencangkan sepatu dimana bagian kulit tempat tali sepatu dijahit dibawah bagian toe.
B. Bluchers (Derby)
Hampir sama dengan Oxford, namun bagian tali sepat dijahit diatas bagian toe, perlu diperhatikan banyak sekali penjual di internet yang mengatakan blucher sebagai Oxford. Ini adalah kesalahan cukup fatal, karena Blucher dipandang lebih informal dibanding Oxford. Dan Blucher tidak bisa dipadukan dengan tuxedo, berbeda halnya dengan oxford.
Untuk lebih jelasnya perbedaan Oxford dan Blucher bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
C. Monk/Monkstrap
Sepatu model ini tidak menggunakan tali, namun menggunakan semacam strapuntuk mengencangkan sepatunya.Terdapat model sepatu yang memilik 1 strap atau 2 strap, dengan berbagai variasi model. Model ini sangat jarang terlihat di Indonesia, dan jika Anda menggunakannya pasti akan jadi perhatian wanita.
D. Loafer/Slip On
Model sepatu ini tidak menggunakan tali maupun strap untuk mengencangkan sepatunya. Ada beberapa macam jenis loafer klasik yang populer, beberapa diantaranya:
Penny: Salah satu model loafer yang cukup populer, nama penny sendiri sebenarnya dikarenakan pada bagian lubang kecil di atas sepatu biasanya oleh bangsawan jaman dulu ditaruh koin 1 penny.
Tassel: Model lain yang cukup populer dan dekoratif, ciri khasnya adalah sebuah hiasan yang menggantung di sepatunya
Bit: Model loafer yang satu ini memiliki ciri khas sebuah logam yang ditaruh seperti di gambar.
Nah setelah mengetahui bentuk-bentuk dasar dari dress shoes, ada satu hal lagi yang membuat dress shoes begitu unik, (dan terkadang cukup membingungkan) yaitu brogue atau hiasan. Lebih jelasnya, mungkin anda pernah melihat sepatu seperti dibawah ini:
Sepatu diatas adalah sepatu Blucher (ingat bukan Oxford ya) dengan Wingtip Brogue, namun sebenarnya masih ada jenis lain dari hiasan-hiasan ini, diantaranya:
A. Full Brogues (Wingtip
Ini adalah model seperti gambar sebelumnya, memiliki ciri khas toecap yang berbentuk seperti sayap dan memiliki hiasan lubang2.
B. Semi Brogues (Half-Brogues)
Model ini mirip dengan Wingtip, namun bedanya hiasan hanya berbentuk lengkungan saja seperti gambar diatas atau dikenal sebagai Cap Toe.
C. Quarter Brogues
Model sepatu ini memiliki cap toe namun tidak memiliki hiasan lubang seperti model Brogue lainnya, terkadang cap toe ini juga berbentuk seperti Wingtip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar